Cara dan tips menjaga kesehatan jantung -  Bila saat ini anda sedang mencari artikel mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jant...

Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Jantung

Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Jantung

8 10 99

Cara dan tips menjaga kesehatan jantung -  Bila saat ini anda sedang mencari artikel mengenai bagaimana cara untuk menjaga kesehatan jantung, maka anda berada pada halaman yang tepat, karena pada kesempatan yang baik ini admin akan menuliskan cara dan tips menjaga kesehatan jantung. Dibaca sampai tuntas ya agar jantungmu selalu sehat sampai tua nanti.

cara dan tips menjaga kesehatan jantung
Jantung Sehat

 Jantung menjadi salah satu organ penting di dalam tubuh yang fungsinya mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Selain mengalirkan darah, jantung juga berfungsi membersihkan tubuh dari hasil metabolisme atau karbondioksida. Agar jantung selalu sehat maka kita harus menjaganya dengan memperhatikan kebiasaan makan dan kebiasaan sehari-hari.

Anda yang ingin jantungnya selalu sehat, mari ikuti cara dan tips menjaga kesehatan jantung berikut ini.

Cara dan Tips Menjaga Kesehatan Jantung


Berikut adalah langkah-langkah untuk menjaga kesehatan jantung :

Menjaga asupan makanan


Tips yang pertama adalah dengan menjaga asupan makanan. Makanan menjadi hal yang penting demi menyumbang energi di dalam tubuh termasuk menjaga kesehatan jantung. Namun, tidak semua makanan aman dikonsumsi anda harus menjaga makanan dengan mengurangi asupan makanan berlemak misalnya gorengan dan makanan junk food.

Biasakan olahraga rutin


Olahraga menjadi hal penting dilakukan demi menjaga kesehatan tubuh terutama kesehatan jantung.  Jika anda ingin hidup sehat maka cobalah berolahraga secara rutin karena olahraga mampu mengurangi timbunan lemak dan melatih jantung.

Baca Juga :  Kerudung Modern Terbaru Elzatta

Biasakan rutin konsumsi buah dan sayur


Malas mengonsumsi buah dan sayur membuat tubuh kekurangan serat dan menyebabkan lemak tertimbun di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, buah-buahan dan sayur-sayuran kaya akan kandungan nutrisi misalnya kandungan vitamin, mineral dan serat. Mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran bermanfaat sebagai antioksidan yang penting menjaga kesehatan jantung.

Memenuhi kebutuhan tidur


Kualitas tidur menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan jantung. Tidur adalah aktivitas mengistirahatkan seluruh tubuh salah satunya organ jantung. Saat tubuh tidur maka denyut jantung akan melambat. Tidur yang baik adalah tidur 8 jam perhari dan diikuti dengan kebiasaan tidur siang. Menurut penelitian, tidur siang mampu mengurangi resiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung mencapai 37 persen.



Kelola stress dengan baik


Manajemes stress harus dikelola dengan baik karena hubungan stres dengan penyakit jantung sangat erat. Stress beresiko menyebabkan penyakit jantung apabila tidak ditangani dengan benar. Ketika kita stes maka hormon stes yang dilepaskan ke dalam tubuh akan mengalami peningkatan hingga 30 kali lipat jika dibandingkan kondisi normal.

Jaga berat badan anda


Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi masalah yang serius karena berdampak negatif terhadap kesehatan, salah satunya kesehatan jantung. Bukan hanya jantung saja yang dikaitkan dengan obesitas namun juga penyakit diabetes. Berat badan berlebih beresiko menyebabkan penyakit jantung koroner dan diabetes serta orang yang diabetes beresiko mati lebih awal sampai 10 tahun dibandingkan mereka yang memiliki badan ideal.

Hindari rokok

Merokok adalah kebiasaan yang buruk dan harus dihindari karena ini menjadi penyebab berbagai macam penyakit misalnya penyakit kanker, jantung dan gangguan kehamilan. Walaupun masyarakat sudah mengetahui dampak negatif dari rokok, namun tetap saja masih banyak masyarakat yang tidak memperdulikan kesehatannya.

Nah, jika anda ingin jantung anda selalu sehat maka jagalah kebiasaan anda dengan menjaga pola makan dan kebiasaan sehari-hari. Semoga cara dan tips menjaga kesehatan jantung diatas dapat menjadi sedikit referensi untuk anda, semoga bermanfaat bagi semuanya.

0 komentar: